Home Lifestyle Lakukanlah Enam Kegiatan Ini Agar Tidak Bosan Di Rumah

Lakukanlah Enam Kegiatan Ini Agar Tidak Bosan Di Rumah

Berbagi yuk ...
  • 3
    Shares
5/5 (1)

Hari minggu kemarin tanggal 15 Maret, beberapa kepala daerah di Indonesia mengumumkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas di tempat publik alias berdiam diri di rumah kecuali ada keperluan yang paling mendesak seperti membeli kebutuhan sehari-hari. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebarluasan Covid-19 di daerah masing-masing.

Akibatnya pemerintah menganjurkan beberapa lembaga seperti sekolah atau kantor untuk tutup sementara, kurang lebih sekitar dua minggu ke depan. Tentu dengan anjuran berdiam diri di rumah, ada beberapa perasaan campur aduk, di satu sisi senang karena tidak perlu mandi pagi untuk berangkat ngantor. Etapi ada juga perasaan jenuh ketika memikirkan bahwa selama dua minggu ke depan kegiatan yang bisa dilakukan hanya rebahan.

Nah, maka dari itu perlu ada suatu rencana untuk dua minggu ke depan dalam rangka menjaga mood selama dua minggu ke depan. Selain itu biar tetap produktif meskipun libur panjang akan melanda.

Baca Novel

Bagi sobat literasi, membaca novel merupakan hal paling enaks dilakukan saat waktu senggang. Tahukah kamu bahwa membaca novel setidaknya memiliki beberapa fungsi seperti meningkatkan kemampuan mengolah emosi, peningkatan konsentrasi dan menjadikan semangat hidup lebih tinggi. Selain itu, membaca novel itu sama seperti menonton film namun dalam versi imajinasi. Kita dapat membayangkan suatu peristiwa baik yang menyedihkan sampai peristiwa yang membahagiakan.

Kalian hanya tinggal menentukan genre apa yang kalian sukai, seperti romansa, persahabatan, horror, triller, sampai novel filsafat. Sudah banyak juga penjual buku online di Instagram atau aplikasi e-comerce semisal Tokopedia dan Bukalapak. Jika tak mau membeli, kalian bisa membaca apa saja yang tersedia di rumah. Tunggu apa lagi, mari membaca.

Nonton Film di Laptop/Smartphone

Bagi penikmat film yang setiap bulannya selalu menyempatkan ke bioskop, sekarang ini rentan sekali penularan virus terjadi di bioskop. Untuk sementara karena beberapa daerah sedang tidak kondusif perihal wabah, maka tidak pergi ke bioskop adalah jalan yang benar. Tapi jika kalian mau, kalian bisa tetap menonton film-film lama yang tersimpan di Laptop kalian. Tak apa meski sudah tau jalan ceritanya, hitung-hitung mengasah ingatan tentang film tersebut.

Selain dari mengisi waktu juga, kalian dapat menjadikan film tersebut sebagai media pembelajaran. Misal belajar bahasa Inggris, caranya tinggal tidak perlu memasang subtitle saat menonton film tersebut. Ayo, berani?

Belajar Memasak

Saya akan menjelaskan poin-poin yang boleh dibilang penting dalam hal memasak. Memasak itu tidak mudah, tetapi menghina masakan ketika rasanya buruk gampang sekali. Maka, belajar memasak sendiri sangat bagus, karena selain asyik, juga bisa dijadikan sebagai sarana introspeksi diri hehe.

Selain itu, kamu bisa mulai belajar menghemat pengeluaran, lalu bisa menjamin sendiri apa yang kamu makan itu bersih dan higienis. Memasak juga bisa menghilangkan stress loh, kalau tidak percaya silahkan dicoba sendiri. Dan yang terakhir, meski pendapat ini agak subjektif bahwa pandai memasak cenderung lebih disukai banyak orang. Hmmm semakin benar saja Harta, Tahta, Cheff Renata.

Menanam Tanaman

Memiliki tanaman sendiri di rumah meski hanya bermodal pot dari botol bekas sungguhlah sangat membantu sesuatu yang sangat vital, ya bernapas. Setidaknya tanaman membantu kita dalam proses bernapas, membersihkan udara di rumah dan mengurangi risiko gangguan saluran pernapasan.

Selain itu manfaat tanaman di rumah secara tidak langsung adalah dapat memperbaiki kondisi psikologis. Beberapa poinnya adalah dapat merasakan kebugaran, membantu menenangkan pikiran dan menciptakan optimisme serta meningkatkan konsentrasi dan fokus. Bagi kalian yang sudah memiliki tanaman di rumah, selamat sudah ikut membantu bumi ini. Bagi yang belum, tidak ada kata terlambat.

Main Game

Memang betul ada sisi negatif dalam bermain game, tetapi ada juga sisi positifnya. Kuncinya adalah berlebihan, bukan hanya main game, segala sesuatu jika terlalu berlebihan akan menimbulkan dampak negatif sekalipun itu makan atau minum. Bermain game merupakan aktifitas yang mungkin dipilih ketika kita jenuh dan bosan, selain dari jumlah pengguna yang rata-rata adalah anak muda, game online sekarang bisa menjadi sarana silaturahim antar penggunanya.

Terdapat juga manfaat dalam bermain game jika kita bisa membatasi penggunaanya. Beberapa diantaranya adalah dapat meningkatkan kemampuan otak kanan, melatih kerja sama tim, menjaga mood tetap baik, meningkatkan kemampuan mencari solusi dan melatih diri terbiasa multitasking. Jadi, mari mabar.

Belajar

Tidak perlu lagi banyak penjelasan tentang ini, jika belajar dianggap tidak penting maka mungkin tidak akan ada sekolah. Namun, kadang-kadang mengapa belajar di sekolah lebih banyak menjenuhkan dibanding menyenangkannya? Jawabannya mungkin guru kamu tidak memiliki banyak cara belajar.

Maka, coba saatnya kamu menciptakan cara belajarmu sendiri, tentukan apakah kamu adalah tipe pembelajar yang visual, audio atau audio visual. Tinggalkan buku-bukumu, mulailah mencari apa yang ingin kamu pelajari di Youtube atau Google. Dan selamat mencoba!

Semoga apa yang kamu lakukan selama masa-masa pencegahan penularan wabah ini, menjadikan kamu tidak terlalu panik dan tau-tau wabah telah berlalu, sembari kamu ikut membantu menekan angka penularan semakin tinggi. Tubuh dan kesehatan kita adalah tanggung jawab kita sendiri, tanggung jawab pemerintah adalah menjamin ketersediaan obat dan tenaga medis apabila kita sakit. Kenali dari sekarang hak dan tanggung jawab kita. Stay safe kalemian

Nilai kualitas konten