Home Lifestyle Lima Cara Mudah Memperkuat Imunitas Tubuh untuk Menghadapi Virus dan Penyakit

Lima Cara Mudah Memperkuat Imunitas Tubuh untuk Menghadapi Virus dan Penyakit

Berbagi yuk ...
  • 23
    Shares
5/5 (2)

Halo Kalemian, semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat ya, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di seluruh dunia terkhusus di Indonesia. Nah, melihat peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 setiap harinya, sebaiknya kita semakin waspada dan terus meningkatkan upaya pencegahan pada diri dan keluarga dengan salah satunya yaitu menjaga daya tahan tubuh.

Banyak sekali orang yang berbicara soal ini, tapi tidak sedikit juga orang yang acuh akan hal ini. Dan sebaiknya kita menjadi orang yang peduli serta proaktif dalam menanggulangi wabah Covid-19 dengan cara berusaha meningkatkan kekebalan tubuh atau dalam bahasa kedokteran adalah imunitas.

Kenapa? Karena imunitas merupakan benteng terakhir dari pertahanan dalam tubuh manusia yang bisa menyesuaikan kondisi dengan virus. Dalam informasi yang dirilis oleh WHO, kematian para pasien positif Covid-19 terjadi kepada mereka yang berusia lanjut alias orang-orang dengan imunitas lemah. Bahkan tidak menutup kemungkinan anak muda yang selalu memforsir tenaganya untuk aktifitasnya dengan tidak diimbangi asupan gizi yang cukup akan rentan pula terhadap serangan virus.

Maka, mari kita tingkatkan imunitas tubuh sebagai upaya mengahdapi berbagai macam virus, salah satunya Covid-19. Bagaimana? Ada banyak sekali cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut beberapa cara yang sudah kami rangkum.

Konsumsi sayur dan buah

Cara yang petama yaitu kita disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Karena penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini disebabkan oleh vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

Tapi yang harus diperhatikan saat membeli sayur dan buah-buahan tersebut adalah mengusahakan untuk tetap menjaga jarak sosial, atau mengatur waktu saat toko atau pasar sudah tidak ramai pengunjung. Karena dengan mengatur upaya itu kita telah meminimalisir penyebaran virus, baik kepada kita sendiri maupun untuk orang lain.

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Pastikan kita beristirahat dengan cukup. Waktu tidur ideal untuk orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya. Sedangkan untuk anak-anak, sekitar 9-10 jam. Tapi kadang-kadang masih ada saja orang yang waktu tidurnya hanya 4 atau 5 jam saja. Mulai sekarang, kuy rubah pola tidurmu, pastikan juga bahwa tidur tersebut berkualitas dan benar-benar mencukupi waktu istirahat kita yah. Jangan berlebihan juga dan jangan kurang juga.

Jangan stres

Dalam situasi seperti ini, banyak sekali aktifitas kita yang terganggu karena adanya pembatasan, dan tentu itu bisa berdampak kepada banyak hal, seperti menurunnya omset usaha, memperkecil penghasilan, dan kegiatan lain yang terhambat. Hal tersebut tentu bisa memicu stres dan tentu saja bisa menurunkan daya tahan tubuh kita. Karena stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi Hormon Kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon tersebut dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Maka, mari kita tetap tenang, jangan panik dan terus berdoa ya, semoga wabah ini cepat berlalu.

Berolahraga kecil

Tidak disarankan untuk kita datang ke tempat olahraga umum seperti gelanggang renang, running track, tempat gym dan lain sebagainya. Untuk itu, kita tetap mesti berolahraga meski dalam skala yang lebih terbatas, misalanya di belakang rumah dengan Push up dan Sit up, setidaknya kita mengelurkan keringat yang turut membawa racun dalam tubuh. Selain akan menyehatkan otot dan tulang, olahraga juga berpengaruh dalam memperkuat imunitas tubuh. Ayok berkeringat dengan asyik

Mengonsumsi suplemen

Yang terakhir, yaitu mengkonsumsi suplemen. Mengkonsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kadang-kadang kurang bernutrisi. Kita bisa memilih suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Ketiga vitamin tersebut sangat direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih optimal.

Nilai kualitas konten