Home Travelling 4 Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Supaya Treveling Mu Jugejagejug Bebas...

4 Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Supaya Treveling Mu Jugejagejug Bebas Macet

sumber gambar : gambar.blogspot.com
Berbagi yuk ...
  • 2
    Shares
5/5 (1)

“naik kereta api, ga macet, ga panas, bisa pipis sama ee di dalem. pokonya josgandos”

Halo temen-temen apa kabar, semoga kalian baik disana yah. ok kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara-cara mudah memesan tiket kereta. Tentunya info ini bisa sangat berguna buat kamu yang belum pernah naik kereta api sebagai transportasi, atau sekedar melengkapi informasi yang sudah kamu ketahui. Ga panjang lebar kita simak penjelasan saya dibawah ini yuk.

1. Memesan tiket kereta langsung dari stasiun.

sumber gambar : jadiberita.com

Buat kamu yang ga terlalu jauh dari dari stasiun kreta api, bisa langsung beli tiket kreta api di stasiun terdekat. Tinggal masuk ke stasiun dan cari loket kitet pemesanan. Jika ada antrian harap sabar dan antri yah temen-temen, terbiasalah buat sabar kwkwkw, kaya sesabar nunggu lamaran ups. Untuk kereta jarak dekat seperti dalam kota, kamu bisa langsung pesan tiket pada saat itu juga. Tapi jika kereta api jarak jauh, saya kasih saran minimal dua minggu atau sebulan sebelum keberangkatan. Kalo ga keberangkatan mu bisa zonk karna kehabisan tiket.

baca juga treveling murah ke Bali cuma Rp. 155.500

2. Memesan tiket kreteta api di Alfamaret atau di Indomaret yang ada tanda kreta apinya.

sumber gambar : WartaNTB.com

Buat kamu yang rumahnya jauh dari stasiun, kamu bisa pesan tiket kereta api di Alfa atau Indomart deket rumah mu loh. Tapi biasanya ga semua Alfa dan Indomart bisa pesan tiket kreta, jadi  cari yang ada tanda kreta apinya , atau langsung aja tanyain ke kasirnya kalo kamu mau pesan tiket kereta. Tingga siapin uang pembayarn dan kartu penduduk kamu yah, atau kartu pelajar (kalo kamu masih di bawah umur). Hanya sayangnya pembelian di sini kita tidak bisa memilih tempat duduk, karna pemilihan tempat duduk dipilih secara random oleh computer.

3. Pemesanan tiket kreta api via Paytren.

sumber gambar : caradaftarpaytrenonline,com

Dunia udah makin canggihkan nih, sekarang kamu bisa beli apaja lewat Smart Phone, termasuk beli tiket kreta api. Nih saya kasih cara mudah dan detil membeli tiket kreta api di HP lewat aplikasi Paytren. Sekarang pakai aplikasi paytren ga perlu bayar, cukup download secara gratis di play storenya. Baik ini dia langkah-langkanya:

a. Setelah mendownload aplikasi gratis Payten, kamu perlu mendaftar agar punya akses terhadap aplikasi tersebut. Caranya mudah, tapi tidak saya jelaskan disini biar artikel ini ga kepanjangan yah hehe. Kamu bisa searching di tempat lain, atau bisa kontak saya. Nah kamu cukup klik daftar. Karena saya sudah daftar, jadi saya bisa langsung masuk dengan akun yang sudah saya miliki. Intinya ketika daftar, kamu akan dapat username, password username, dan nomer PIN.

b. Untuk bisa membeli tiket kereta api, harus pastikan saldo kamu cukup ya. Bisa klik yang sudah saya lingkari.

c. Cara mengisi saldo bisa transfer lewat bank atau lewat ATM juga bisa. Setelah transfer, saldo efin / deposito mu akan terisi. Agar dapat digunan, pindahkan nominal tersebut ke saldo transaksi seperti yang tertera digambar, dan jangan lupa nomer PIN mu ya karna untuk pemindahan bakal diminta no PIN. Setelah itu, cek kembali lagi kemenu utama, dan klik yang kreta api seperti gambar sebelumnya.

d. Kemudian isi kolom stasion kreta api tempat keberangkatan mu, dilanjut kolom tujuan stasiun, lalu tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.

e. Nah ini tampilan jika kamu mengisi kolom stasiun keberangkatan maupun tujuan. Kebetulan saya memilih tempat berangkat dari kiaracondong bandung ke Gubeng Surabaya.

f. Nah jika di isi bakalan seperti ini tampilannya. Selanjutnya cari keretanya yah. jangan nyariin si dia ups wkwkkw.

g. Layar akan menampilkan info tentang kereta apa saja yang akan berangkat, mulai dari kelas ekomoni sampai kelas esksekutif. Nah kebetulan yang cocok dengan saya itu kelas ekomomi wkkwkw. Dan masih tersedia kursinya loh. Kalo kursi pelaminan mah udas sold out. Dem.

h. Selanjutnya tampil dilayar jumlah pembayaran yang harus anda bayar, inget jangan ngutang, set dah.

i. Kemudia isi data pemesan, yah. seperti gambar tersebut

j. Lanjut isi data penumpang. Jangan Tanya apa bedanya sama data pemesan.

k. Nah itu bedanya, pokonya isi aja yah, da gampang wkkw

l. Nah selanjutnya pilih gerbong kereta , kebetulan di gambar ini gerbong pertama yang deket sama masinis nya udah penuh. Dan yang saya kasih tanda itu adalah kursi yang sudah terisi, yang kosong, dan yang kita pilih yah.

m. Nah kita bisa milih kursi loh enaknya. Kalo menurutku paling enak deket jendela, selain bisa liat pemandangan, tentunya ada colokan linstrik yang paling dibutuhkan kaum milenial. Dalam satu gerbong itu terdapat 24 banjar kursi, dimana ditiap banjar itu ada 5 baris dengan kode A,B,C,D,E. nah contoh langsungnya saya memilih kursi No. 4A, dan saya akan berhadapan dengan kursi 3A. nah ngerti kan kalo yang pergi sama temen dan pengen saling berhadap hadapan.

n. kemudia tinggal bayar deh. jangan lupa liat nama kita, apa sudah betul atau belum. Nah ketika pembayaran sukses. Kode tiket kereta api akan dikirim ke email.

Terakhir, kita tinggal datang kesetasiun maksimal 30 menit sebelum keberangkatan dan cari alat boarding pass pencetak kode tiket kita. Kemudian tinggal masukan kode tersebut, dan cetak deh yeeee (contoh hasil cetakan seperti di atas). Jadi deh trevelingan naik kereta.

4. Pemesanan tiket kreta api lewat traveloka.com

sumber gambar : Wartakota.com

Nah kalo kamu bukan pengguna Paytren atau pun males  buat ngisi saldonya tenang, kamu bisa menggunakan traveloka buat pesan tiket kreta. Nah cara pemesanan tiket kreta api di traveloka mirip-mirip kaya paytren, tapi di cara pembayaran, kita bisa bayar di Alfamart langsung. Kamu cukup buka mbah google, lalu cari traveloka, lalu ikuti langkah-langkah pembelian tiketnya. Pokonya mirip paytren, jadi ga saya kasih detilnya ya. untuk biaya ,adminya agak gede dibanding paytren. Nah untuk pembayarannya bisa liat gambar berikut.

 

Nah gimana, nih udah bisa kan pesen tiket kereta api kalo sekarang. Mau pakai cara manapun itu dikembalikan kekebutuhan kamu yah. kalo dirasa info ini bermanfaat, bantu sebarkan yah. hatur nuhun, tetep kalem tiap harinya. Merdeka.

Nilai kualitas konten