Home Lifestyle EMPAT JENIS SEPEDA YANG COCOK BUAT JADI SEPEDA PERTAMAMU

EMPAT JENIS SEPEDA YANG COCOK BUAT JADI SEPEDA PERTAMAMU

Berbagi yuk ...
  • 2
    Shares

Baru-baru ini bersepeda menjadi tren yang sangat heboh. Bukan hanya di perkotaan, tetapi juga terjadi di daerah-daerah, bukan hanya di kalangan anak muda, melainkan juga digemari oleh orang tua. Pasalnya, selain bisa menyehatkan, bersepeda juga bisa membantu membunuh waktu yang membosankan selama pamdemi Covid-19 ini berlangsung.

Alhasil banyak orang berbondong-bondong membeli sepeda tanpa memliki pengetahuan yang cukup. Akibatnya, baru seminggu dibeli, sepedanya langsung dijual lagi, karena ternyata spesifikasi dan jenisnya tidak sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan si pengguna.

Nah, supaya kamu gak salah beli, berikut penjelasan singkat mengenai jenis-jenis sepeda serta fungsinya.

  • Sepeda Fixie

Secara tampilan, sepeda fiksi mirip seperti sepeda balap, tapi uniknya sepeda ini tidak memiliki rem tangan seperti sepeda pada umumnya. Sistem pengeremannya yaitu dengan cara menghentikan pedal sepeda, maka otomatis ban juga akan berhenti.

Sepeda ini cocok dipakai di daerah perkotaan dengan jalan aspal, dan cocok untuk kamu yang senang melaju dengan cukup kencang. Sepeda Fixie tidak cocok digunakan di jalan tanah apalagi bebatuan karena bannya sangat kecil seperti sepeda balap.

  • Sepeda MTB (Mountain Bike)

Sebetulnya, ada banyak jenis MTB loh, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya dari jenisnya yang banyak itu, kita bisa menyimpulkan bahwa sepeda MTB ada yang enak untuk digunakan untuk menanjak di jalan tanah area pegunungan, ada juga yang hanya enak untuk turunan ekstim, seperti jenis MTB downhill.

So, kalau kebutuhan kamu bukan untuk gowes di turunan esktim dengan jalur penuh bebatuan dan lompatan-lompatan tinggi, maka kamu bisa abil jenis MTB cros country yang enak dipakai untuk menanjak, dan bisa dipakai juga di track menurun dengan jalur yang tidak ekstrim.

  • Sepeda Lipat

Untuk kamu yang senang dengan segala sesuatu yang praktis, serta portabilitas yang tinggi. Sebaiknya memilih sepeda lipat. Enaknya sepeda ini, bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam kendaraan umum seperti bus atau kereta, jadi kita bisa menikmati pemandangan kota-kota di Indonesia dengan bersepeda tanpa harus ribet bongkar-pasang sepeda untuk dimasukan ke kendaraan umum.

  • Sepeda Balap (Rode Bike)

Dari namanya sudah jelas, kalo sepeda ini paling enak buat dipakai kebut-kebutan. Bahkan jika kamu sudah terlatih menggunakan sepeda ini, kamu bisa stabil menggenjot rode bike ini di kepecepatan 40km/jam. Nah, buat kamu yang senang bersepeda dengan jarak cukup jauh, cocok menggunakan sepeda ini, dan ingat sepeda ini bannya sama dengan ban sepeda fixie, jadi paling enak di gunakan di aspal yang bagus, kalo di jalan tanah, maka tidak akan nyaman dan tidak bisa melaju dengan cepat.

Oke, semoga bermanfaaat, dan jangan sampai salah memilih sepeda ya.

Nilai kualitas konten