Home Travelling WOW! Traveling Super Irit ke Gilitrawangan Cuma Rp.200.000 an, Ini Rutenya

WOW! Traveling Super Irit ke Gilitrawangan Cuma Rp.200.000 an, Ini Rutenya

Foto : @al_bandani pulau Gilitrawangan
Berbagi yuk ...
  • 26
    Shares

“Pengalaman mengesankan bisa didapat dari perjalanan panjang yang melelahkan, jangan kaya nobita yang selalu minta gampang pake pintu kemana saja”

Halo temen temen treveler, buat kalian yang membutuhkan informasi treveling ke gilitrawangan Lombok via darat dengan buget super duper irit, kalian bisa pakai cara ini. Bagi kalian yang ingin sekalian membantu pemuliahan Lombok pasca Gempa dipertengahan tahun 2018 ini, bisa dengan ikut mempromosikan sektor pariwisatanya yang kini sudah aman untuk dikunjungi.

Titik pemberangakatannya saya mulai dari Bandung yah, jadi kalo yang lain mulai dari kota yang berbeda di jawa barat bisa tinggal tambahin bugetnya yah. selamat ber treveling kawan

  1. Bandung-Surabaya.
Foto : @al_bandani perjalanan kereta dari kiaracondong ke gubeng

Agar keuangan mu tidak jebol, kita gunakan transportasi kereta ekonomi dari Stasiun Kiaracondong Bandung ke Stasiun Gubeng Surabaya dengan biaya antara Rp. 87.000 atau Rp.94.000. Info Penting klik disini untuk cara mudah pesan tiket kereta . Selama diperjalanan kamu akan dimanjakan dengan fasilitas kereta yang sudah ber-AC dan colokan listrik. Tak lupa pemandangan yang asri sejauh mata memandang, jangan lupa untuk berinteraksi dengan penumpang lain dan mendengar cerita dari mereka. Kalo beruntung kamu bisa berkenalan sampai berteman dengannya.

  1. Stasiun Gubeng – Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Foto : peta dari gubeng ke halte

Dari Stasiun Gubeng ke Tanjung Perak bisa naik bus kota P1. Tapi ke haltenya perlu jalan kaki kurang lebih 2 km. Jarak yang relatif dekat untuk seorang backpacker. kamu bisa menyetop bus kota P1 jurusan Tanjung Perak di halte Basra(Basuki Rahmat)  di depan Hotel Bumi Surabaya (jalan Basuki Rahmat). Untuk tarif bisnya sendiri sekitar 30rb
Diatas adalah peta rute jalan kaki dari Stasiun Gubeng ke halte Basra atau kamu bisa tanya kewarga sekita.

  1. Pelabuhan Tangjung Perak – Pelabuhan Lembar Lombok
Foto : @al_bandani perjalan dari Pelabuhan Tanjung Perak Ke Pelabuhan Lembar Lombok Naik Kapal Fery

Perlu diketahui kalo jalur kapal fery dari Tanjung Perak ke Lembar Lombok untuk saat ini hanya melayani 2 hari pemberangkatan, yaitu hari senin dan hari kamis. Jadi usahakan kalo kamu datang dihari yang tepat untuk bisa menggunakan jasa pelayaran tersebut. Untuk harga nya sendiri Rp.87.000. wiiiiiih, murah ga tuh. Dan waktu tempuhnya sendiri sekitar 20 s/d 25 jam dan sangat dipengaruhi oleh cuaca.

Baca juga trip murah ke Bali Cuma 155.000

  1. Pelabuhan Lembar – kota Mataram
Foto : @al_bandani perjalan Angkot dari Pelabuah Lembar Ke Kota Mataram

Ketika kamu sampai di pelabuhan lembar kamu akan ditawari oleh trevel yang sudah mangkal disitu, untuk harga yang biasa ditawari oleh pihak trevel adalah Rp.350.000 untuk sebuah mobil semacam Avanza dan langsung ke pelabuhan Bangsal Gilitrawangan. Kalo kamu berangkat 7 orang, tentu harga segitu sangat murah, jadi Rp.50.000 perorang.

Foto : @al_bandani suasana angkot padat pendunduk dan banyak ngobrol bertukar informasi

Tapi buat kamu yang mungkin sendiri atau hanya berdua, bisa menggunakan cara ini. Kamu keluar dari area pelabuhan dan kemudian cari angkot untuk ke kota mataram. Tapi jangan harap semudah mendapatkan angkot di kota bandung. Angkotnya sangat jarang dan kamu mesti nunggu dipinggir jalan cukup lama. Untuk harga angkot, itu sangat Varian, tapi yang jelas saya waktu tahun 2018 bisa dapat harga Rp.15.000 sesuai info warga sekitar, tapi harus jago nawar yah, karena supir angkot awalnya minta harga Rp.30.000/orang

  1. Kota mataram – Pelabuhan Bangsal
Foto : @al_bandani cari kendaraan online

Dari sini kendaraan umum benar-benar sangat sulit, tapi mudah jika dengan menggunakan angkutan online. Akhrinya saya sarankan untuk naik kendaraan online saja. Untuk mobil bisa dikirsaran 70.000 sampai 100.000 lebih tergantung titik kota Mataram tempat kalian pesan online.

  1. Pelabuhan Bangsal – Gilitrawangan
Foto : @al_bandani perjalan naik perahu kepulau gilitawangan

Nah jika sudah sampai sini, hanya tinggal selangkah lagi kamu menuju Gilitrawangan. Kamu hanya perlu membeli tiket dengan harga Rp.15.000 untuk bisa menyebrang ke pulau Gilitrawangan dan menunggu sebentar sampai perahu siap mengantarmu ke pulau impian.

Foto : @al_bandani pinggir pantai disore hari. asyik sekali

jika dijumlah jamleh, treveling dari bandung ke pulau giri trawangan berjumlah sekitar Rp.284.000. wow sungguh keterlaluan sekali ini iritnya bro.

Gimana dengan infonya treveling irit ini? jika sangat bermanfaat silahkan untuk disebar yah agar banyak orang bisa trevelingan meski punya buget pas-pasan. Oh iya selama perjalan hati-hati yah, cobalah untuk berinteraksi dengan warga lokal dan cari info serta pengalaman dari mereka.

 

Nilai kualitas konten