Home Sastra Cara Mudah Membuat Puisi

Cara Mudah Membuat Puisi

Berbagi yuk ...
  • 55
    Shares
5/5 (3)

Halo sobat kalem, pernah gak sih ada pikiran yang menyelinap seperti, “Kok Puisi gue gini-gini aja ya, kok puisi gue gak ada yang suka, kok puisi gue … Bla, bla, dan bla.”

Disini, aku akan menjelaskan dan memberi tips agar puisi kalian terlihat baik,

Panjang dan pendeknya puisi tidak akan menjamin puisi itu terlihat indah, Puisi bisa indah apabila kita memakai diksi atau pilihan kata yang tepat dan selaras dari larik puisi satu ke puisi yang lain. Tapi perlu di catat juga, memakai diksi yang berlebihan bukan patokan agar puisimu di gemari para khalayak/masyarakat. Pada diksi yang berlebihan mampu membuat si pembaca berfikir keras, dan alhasil pembaca berkomentar “Mau baca puisi harus mikir dulu, ah ribet.”

Coba tempatkan diri kita sebagai pembaca, jangan hanya dari sisi penulis. Dengan itu kita mampu memperbaiki kalimat yang tidak tepat,tidak nyambung, atau penggunaan kata yang berlebihan.

Mari buat puisimu,

  • Tulis 10 Kata di buku/gadgetmu secara vertikal/ dari atas kebawah

Contoh: Cinta, sujud, doa, Mata, Tangan, Kaki, mulut, beliau, kebaikan, ibu

Contoh :

Cinta pertama dalam atmaku

Sujudnya hanya terpatri namaku

Doa yang beliau layangkan khusus untukku

Mata yang selalu memancar bahagia

Tangan yang tak henti mengelus puncak kepala

Kaki yang tak kenal lelah untuk bersimpuh

Mulut yang tak pernah mengeluh

Kebaikannya selalu mengalir dalam darahku

Beliau yang kesakitan, pun beliau yang memberi hiburan

Ibu, wanita terhebat dalam hidupku

  • Jangan langsung dibaca, tunggu beberapa hari.

Apabila kita membaca seketika juga di waktu yang sama, apa tanggapan kita?

“wah, keren juga tulisan gue. Udah, gini aja.”

Setelah 3 hari, buka lagi tulisanmu. Menemukan kalimat yang tak berkesinambungan atau mendapat diksi yang kurang pas dari larik ke larik yang lain.

Mudah bukan? Yuk, segera buat puisimu

Tidak ada kata susah bila kita niat dan berusaha.

Untukmu yang selalu berpikir membuat puisi itu susah, rubahlah pola pikirmu menjadi, “Membuat puisi itu gampang,”

Memang, di awal-awal akan mengalami sedikit kesulitan.

Semua bermula dari paksaan, dari terpaksa pasti bisa, dari bisa akan menjadi terbiasa. Terima kasih.

Nilai kualitas konten