3 Tempat Bagi Guru Honorer Untuk Menambah Penghasilan

71
5/5 (1)

Ada banyak alasan bagi guru honorer untuk menambah penghasilan. Selain rataan gaji yang terbilang kecil, juga tentu saja persoalan struktural yang tidak kunjung memberi pencerahan. 

Maka dari itu, wajar jika guru honorer berusaha untuk mencari sampingan, bagi mereka yang lajang tentu harus punya tabungan yang cukup untuk memperistri anak orang. Bagi mereka yang berkeluarga, tentu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Namun proses menambah penghasilan bagi guru honorer ini juga tidak sederhana. Alasannya adalah waktu dan tugas. Tugas menjadi guru honorer tidak mudah, sementara waktu yang dibutuhkan juga banyak. Akibatnya guru honorer kehabisan tenaga setelah kerja sampingan. Hal ini tentu berimbas pada kualitas pengajaran di dalam kelas yang jadi sekedar tugas dan materi.

Bila kita pelajari lebih dalam, hal ini terjadi karena bidang pekerjaan sampingan yang digeluti adalah bidang yang berseberangan dengan pekerjaan sebagai pendidik. Misalnya guru honorer nyambi sebagai ojol, atau guru honorer yang juga jadi tukang make up. 

Kelelahan yang menumpuk ini akan menjadi bumerang karena waktu bagi para guru honorer untuk membuat media belajar yang baik, soal yang berkualitas, atau materi belajar yang mutakhir jadi hilang sama sekali.

Namun bagaimana jika ada platform yang membantu guru honorer mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan tugas-tugas sebagai guru. Jadi, para guru sebenarnya hanya melakukan pekerjaan sehari-harinya, namun bisa menghasilkan nilai ekonomi. 

Berikut adalah 3 platform bagi guru honorer untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

  1. Kiosguru.com

Kios Guru adalah platform bagi para guru untuk berjual beli media belajar. Tentu saja hal ini akan memudahkan bagi para guru honorer untuk dapat mempromosikan komponen belajar buatan sendiri. 

Platform Kios Guru akan memfasilitasi para guru untuk mengupload karya mereka seperti soal latihan, flash card, panduan kegiatan, dan media belajar lain untuk kemudian dijual. 

Guru honorer juga bisa ikut andil, guru berhak menentukan harga jual, namun perlu diingat harga jual belum termasuk potongan platform 5% dan biaya bank sekitar 3-5ribu. Semangat yang diusung oleh Kios Guru adalah agar Guru bisa saling memakmurkan. Artinya dari guru untuk guru, solidaritas sesama guru untuk saling membeli produk belajar buatan masing-masing.

Sampai saat ini karya yang bisa dijual adalah karya yang downloadable. Ke depannya akan tersedia juga fitur untuk produk fisik. Para guru honorer bisa memanfaatkan platform ini untuk menambah penghasilan. 

  1. Karyakarsa.com

Karyakarsa sebetulnya adalah platform untuk bisnis kreatif. Artinya orang-orang bisa mengupload karya digital mereka di sini mulai dari tulisan, video, podcast, lukisan dan hal lain lagi. Guru honorer juga bisa memanfaatkan platform ini. 

Sistem di karyakarsa ada yang sifatnya menjual konten, dan ada juga yang sifatnya donasi. Guru honorer bisa memanfaatkan fitur ini untuk menambah penghasilan. Misalnya menjual template presentasi pembelajaran, atau video pembelajaran untuk materi tertentu. 

Guru honorer juga bisa Mengunggah konten-konten lain dan memasang rate donasi bagi para pengunjung.

  1. Monetisasi Youtube

Platform terakhir memang sudah sangat familiar, dan tidak dikhususkan untuk guru. Namun, para guru honorer juga masih tetap bisa memanfaatkan Youtube untuk menambah penghasilan.

Ada banyak channel Youtube bertema pembelajaran dan pendidikan yang dibuat oleh guru seperti Guru Gembul dan Pak Nazar. Guru honorer bisa menduplikasi cara kedua channel tersebut dalam memproduksi konten.

Namun, tentu saja, butuh waktu yang panjang untuk bisa memonetisasi konten Youtube, para guru honorer perlu bersabar untuk bisa melakukannya. 

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat silakan bagikan ke jejaringmu. Sempatkan juga untuk berdonasi jika punya rezeki lebih agar kami bisa terus memberikan informasi menarik lainnya. 

Nilai kualitas konten