5 Alasan Sekolah Swasta Lebih Populer dari Sekolah Negeri

51

Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, ada sebuah tren menarik di kalangan ayah dan ibu muda di kota besar di Indonesia. Tren tersebut adalah menyekolahkan anak ke sekolah swasta yang ada plus-plusnya. Dalam kurun waktu ini, nampaknya sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri.

Tulisan ini akan membahas beberapa alasan sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri. Sekolah swasta ini bermacam-maca, dari yang berorientasi agama tertentu, sampai yang menawarkan berbagai program lain, seperti sekolah alam, sekolah dengan life skill tertentu dan beberapa macam lainnya. 

Setidaknya ada lima alasan sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri bagi ayah dan ibu muda. Berikut adalah beberapa alasan tersebut. 

  1. Keunikan Program Belajar

Alasan pertama sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri adalah prorgram belajar yang ditawarkan. Sekolah negeri menawarkan program standar yang sudah dibagikan oleh kemendikbud. Rupanya ayah dan ibu muda tidak suka yang standar begitu, karena nampaknya tidak ada yang banyak bisa diceritakan nantinya.

Sekolah yang menawarkan berbagai kurikulum tambahan ini terlihat lebih menantang dan berbeda. Mulai dari kurikulum agama, bahasa, teknologi atau kesenian. Persoalan anak butuh atau tidak nomor sekian, yang penting beda. 

  1. Harga Lebih Mahal Tetapi Fasilitas Juga Tinggi

Tidak bisa dipungkiri, alasan sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri adalah fasilitasnya yang memang jauh lebih lengkap dari sekolah negeri. Lapangan yang biasanya lebih luas, laboratorium yang beragam, perpustakaan, dan fasilitas olahraga yang cukup. 

Selama ada uangnya, tidak ada alasan bagi ayah dan ibu muda ini untuk tidak menyekolahkan anak di sekolah swasta plus-plus. Untuk segala kebaikan anak dan kelengkapan ilmu, apa sih yang tidak.

  1. Pergaulan

Alasan ketiga sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri adalah pergaulan anak-anaknya. Pergaulan menjadi penting, pertama, agar anak terjaga dari lingkungan yang tidak senonoh. Kedua, agar anak bergaul dengan orang dari kalangan yang tidak jauh berbeda dengan keluarganya. 

Pergaulan ini yang nantinya akan menentukan impian seorang anak, tujuan, dan ambisinya. Seperti tujuan kuliah, referensi permainan, dan berbagai hal non-teknis lainnya yang akan memberikan keuntungan bagi anak-anak. 

  1. Guru yang Lebih Terlatih

Berikutnya, alasan sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri adalah guru yang lebih terlatih dari sekolah negeri. Untuk alasan yang satu ini, tidak selalu tepat, karena kualitas guru di sekolah negeri juga banyak yang berkualitas.

Namun, memang tidak salah bahwa guru di sekolah swasta plus-plus lebih sering menerima pelatihan internal, belajar metode-metode khusus dan mempelajari media belajar termutakhir. Jadi ayah dan bunda juga ingin agar anak mereka dididik oleh guru-guru ini. 

Sayangnya, guru-guru ini kadang kesulitan mendapatkan pendidikan yang kualitasnya setara untuk anak mereka sendiri. Maklum, gaji guru agak sulit mengejar biaya di sekolah swasta plus-plus yang mereka ajar. 

  1. Gengsi

Alasan terakhir sekolah swasta lebih populer dari sekolah negeri adalah gengsi. Ya…..kalau soal gengsi ya gimana yah. 

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat silakan bagikan ke jejaringmu. Sempatkan juga untuk berdonasi jika punya rezeki lebih agar kami bisa terus memberikan informasi menarik lainnya. 

Nilai kualitas konten