Home Sastra Ingin Tau Cara Mengurangi Galaumu? Inilah 5 Tempat Curhat yang Cocok Kamu...

Ingin Tau Cara Mengurangi Galaumu? Inilah 5 Tempat Curhat yang Cocok Kamu Coba

Ingin Tau Cara Mengurangi Galaumu Inilah 4 Tempat Curhat yang Cocok Kamu Coba
Source : ayeey.com
Berbagi yuk ...

KALEM.ID – “Tidak ada hal yang paling mengecewakan bagiku selain berharap kepada manusia.”

Hidup adalah perjalanan, selalu ada rintangan yang kerap menjadi hambatan. Terkadang, rintangan itu memiliki kadar yang kuat hingga menjadi beban di pikiran. Ketika itu terjadi, setiap saat kita tidak bisa tenang karena masalah yang kita hadapi selalu terbayang.

Beban yang terus bertumpuk dalam pikiran menyebabkan keresahan. Resah dan gelisah, bahasa sekarang menyebutnya galau. Keadaan galau membuat seseorang kacau.

Untuk mengurangi tekanan itu, biasanya seseorang akan meluapkan kegundahannya kepada orang lain. Menceritakan kegelisahan kepada orang lain membuat hati kita sedikit merasa lega. Dan itu tidak salah, syukur-syukur mendapat solusi.

Namun hati-hati, jika kita mencurahkan kegalauan kita kepada orang yang tidak tepat, bukan solusi yang didapat. Seperti analogi orang takut ditambah orang takut, bukan berani yang terjadi, melainkan dua kali takut. Berbeda jika penakut bersama pemberani.

Dengan pertimbangan tersebut, ada beberapa pihak yang patut dan layak untuk kita jadikan sandaran dalam meluapkan kegalauan.

1. Orang Tua

kalem_Cara_Mengurangi_Galau

Orang tua adalah orang yang paling mengenal kita, dan tentunya menyayangi kita. Berbagi kebahagiaan dan kesedihan dengan mereka akan membuat hati tentram. Mereka kaya akan pengalaman hidup, sehingga nasihat yang mereka beri akan sangat bermanfaat.

2. Sahabat

cara_mengurangi_galau

Orang yang bersama-sama dalam berproses menjalani kehidupan dengan kita. Sahabat bisa mengerti keadaan kita karena dia melihat langsung keadaan kita, dan mengenal karakter kita. Namun perlu diperhatikan, kita harus memilih sahabat yang paling bijak untuk meminta nasihat. Karena terkadang, sahabat juga bisa saja memberikan nasihat yang tidak tepat.

3. Psikolog

cara_menghilangkan_galau

Orang yang secara profesional mahir di bidang jiwa. Karena kegalauan adalah masalah kejiwaan, maka mendatangi seorang psikolog adalah langkah yang tepat. Untuk seorang siswa, kita bisa memanfaatkan guru BK.

4. Hewan Peliharaan

hewan teman curhat

Hewan memiliki insting yang kuat. Mereka bisa merasakan bahaya yang mendekat. Begitu pun dengan keresahan. Seperti di kisah “Laila Majnun”, pangeran Qays dikelilingi hewan yang bersimpati atas kegalauan sang kekasihnya, Laila. Hewan peliharaan akan bisa merasakan kegalauanmu, meski tidak bisa memberikan solusi.

5. Tuhan

cara_mengatasi_galau

“Dengan mengingat Tuhan, hati menjadi tenang.” Begitu kiranya ungkapan yang sering kita dengar. Maka, jika kita meluapkan kegelisahan di hadapan Tuhan, beban kita akan menjadi ringan. Dan Tuhanlah satu-satunya yang mengerti hal terbaik untuk hamba-Nya.

Demikianlah uraian tentang tempat mencurahkan kegalauan yang tepat, semoga bermanfaat. Namun harus diingat, jangan terlalu berharap kepada manusia. Bukankah Sayyidina Ali pernah mengatakan, “Tidak ada hal yang paling mengecewakan bagiku selain berharap kepada manusia.” Maka, ketika keadaan sulit, kita disarankan berusaha dan berserah pada Tuhan Yang Maha Pemberi Hidayah.

Nilai kualitas konten