Home Horor Inilah Alasan Mengapa Hantu Pocong Tidak Ada di Luar Negeri

Inilah Alasan Mengapa Hantu Pocong Tidak Ada di Luar Negeri

Berbagi yuk ...
  • 2
    Shares

Kalem.d – “Masa iya di Indonesia ada penampakan hantu drakula kayak di film twilight? Kalo hantu itu datang, bukannya lari takut. Yang ada malah minta selfi”

Hantu merupakan fenomena yang selalu hadir dan menjadi mitos di setiap masyarakat, baik kota maupun desa, di bagian negara manapun. Namun tahukah kamu, mengapa hantu pocong tidak ada di luar negeri, khususnya di negara barat? Mengapa di barat hantunya ganteng seperti drakula?

Dalam kajian agama, khususnya agama Islam (karena saya muslim) tidak dikenal istilah hantu, apalagi pocong. Di Islam, mahluk gaib (tidak nampak) itu ada banyak. Di antaranya adalah malaikat, jin, dan iblis.

Malaikat adalah mahluk yang selalu taat kepada Tuhan. Bisa dikatakan bahwa malaikat yang membantu manusia dalam mendekatkan diri pada Tuhan. Sebaliknya, Iblis merupakan mahluk yang selalu mengajak manusia menjauhi Tuhan. Lalu, bagaimana dengan jin?

Jin mempunyai peran layaknya manusia. Ada yang taat, ada pula yang membangkang. Jin mempunyai kemampuan untuk menampakan dirinya menjadi mahluk rupa, semisal hewan, tumbuhan, api, dedemit, tuyul, pocong, kuntilanak, dan lainnya.

Jadi, mahluk-mahluk yang sering dilihat oleh manusia berupa hantu-hantu adalah jin. Jika hantu-hantu itu mengganggu manusia, tentunya ia adalah jin yang tidak taat.

Lalu, mengapa hantu di tiap tempat sering berbeda?

Dalam kajian Islam, disebutkan bahwa setiap orang itu selalu diikuti oleh satu jin. Ia disebut jin Qarin. Jin itu selalu mengikuti kita kemana pun. Oleh karena itu, jin Qarin bisa mengetahui nagaimana diri kita, kebiasaan kita, kepribadian kita, dan segala hal tentang kita. Termasuk mengenai sosok yang ditakutkan oleh kita.

Makanya tidak heran, mengapa penampakan hantu di Indonesia tidak jauh dari pocong, kuntilanak, genderewo, tuyul, wewek gombel, dan lainnya. Karena mitos hantu yang berkembang di masyarakat kita ya sekitar itu. Dan informasi ini dipahami oleh para jin.

Masa iya di Indonesia ada penampakan hantu drakula kayak di film twilight? Kalo hantu itu datang, bukannya lari takut. Yang ada malah minta selfi. hehe.

Ya seperti itulah asumsi saya mengenai hantu pocong dan teman-temannya. Tapi, walau bagaimana pun, kita tidak perlu takut. Karena pada hakikatnya, hanya Tuhan Sang Maha Kuasa dan Pemilik semesta raya.

9videos.tv

Nilai kualitas konten